Kabupaten Rokan Hulu

2.3   Kabupaten Rokan Hulu


Peta Kab. Rohul
VISI
“Menjadikan kabupaten rokan hulu sebagai kabupaten terbaik di provinsi riau tahun 2016 dalam rangka menuju visi provinsi riau tahun 2020”
MISI
  • melanjutkan peningkatan kinerja aparatur pemerintah melalui pelayanan publik, good governance dan good goverment
  • melanjutkan pemberdayaan ekonomi masyarakat
  • melanjutkan kualitas peningkatan sumberdaya manusia
  • melanjutkan aktualitas dan nilai - nilai agama dan budaya
  • melanjutkan ketersediaan infrastuktur meliputi ,transportasi , kesehatan , pendidikan ,ekonomi dan sosial
  • melanjutkan pelaksanaan otonomi desa
Kecamatan Di Rokan Hulu
  1. Bangun Purba
  2. Kabun
  3. Kepenuhan
  4. Kunto Darussalam
  5. Rambah
  6. Rambah Hilir
  7. Rambah Samo
  8. Rokan IV Koto
  9. Tambusai
  10. Tambusai Utara
  11. Tandun
  12. Ujungbatu
  13. Pagaran Tapah Darussalam
  14. Bonai Darussalam
  15. Kepenuhan Hulu
  16. Pendalian IV Koto
 

2.3.1        Geografis

Kabupaten Rokan Hulu yang beribukota di Pasir Pengaraian merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau, berada antara 00° 25' 20" LU - 010° 25' 41" LU dan 100° 02' 56" - 100° 56' 59" BT, dengan ketinggian dari permukaan laut berkisar antara 10-164 meter. Wilayah Kabupaten Rokan Hulu dialiri oleh 2 (dua) sungai besar yaitu Sungai Rokan Kanan dan Sungai Rokan Kiri yang masih berfungsi sebagai sarana perhubungan, sumber air bersih dan budidaya ikan. Luas Kabupaten Rokan Hulu ±7.462,18 km2 .
Kabupaten Rokan Hulu memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut :
  • Sebelah utara        : Kabupaten Rokan Hilir dan Provinsi Sumatera Utara
  • Sebelah Selatan    : Kabupaten Kampar
  • Sebelah Timur      : Kabupaten Kampar
  • Sebelah Barat       : Propinsi Sumatera Barat
 

2.3.2        Penduduk

Jumlah penduduk Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2015 sebanyak 592.278 jiwa dimana penduduk berjenis kelamin laki-laki sebanyak 304.050 jiwa dan penduduk berjenis kelamin perempuan sebanyak 288.228 jiwa. Kabupaten Tambusai Utara memiliki jumlah penduduk terbanyak, diikuti oleh Kecamatan Tambusai dan jumlah penduduk terkecil terdapat di Kecamatan Pendalian IV Koto.
Kepadatan penduduk Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2015 sebesar 79 jiwa per km2 sedangkan pada tahun 2014 yaitu 76 jiwa per km2 . Kepadatan tertinggi di Kecamatan Ujung Batu sebesar 654 jiwa per km2 karena kecamatan ini merupakan pusat perdagangan di Kabupaten Rokan Hulu dan kepadatan terendah di Kecamatan Bonai Darussalam sebesar 27 jiwa per km2 . Jika dilihat dari kepadatan penduduk maka Kecamatan Pendalian IV Koto walaupun memiliki jumlah penduduk terkecil namun kedapatannya sampai 66 jiwa per km2 .
Sex ratio penduduk Kabupaten Rokan Hulu pada tahun 2015 sebesar 105 dimana ini berarti setiap 100 orang penduduk perempuan terdapat 105 orang penduduk laki-laki.

2.3.3        Sumber Daya Alam

Sektor pertanian merupakan sektor tertinggi distribusi PDRB nya. Dari sektor ini yang memiliki persentase tertinggi distribusinya adalah subsektor perkebunan. Produk perkebunan paling banyak dihasilkan adalah dari perkebunan kelapa sawit dan karet. Produk perkebunan lainnya yang dihasilkan adalah kelapa, cokelat, kopi, pinang, enau, dan gambir.
Kecamatan Tambusai Utara memiliki produksi perkebunan kelapa sawitnya paling tinggi yaitu sebesar 29,02 persen dari total produksi kelapa sawit Kabupaten Rokan Hulu. Selanjutnya adalah Kecamatan Tambusai yaitu 16,54 persen. Sedangkan Kecamatan Pendalian IV Koto paling rendah produksi kelapa sawitnya yaitu sebesar 0,73 persen. Untuk produksi tertinggi juga di Kecamatan Tambusai Utara yaitu 23,47 persen dan selanjutnya adalah Kecamatan Rambah Hilir yaitu 17,98 persen. Kecamatan terendah produksi karetnya adalah Kecamatan Bonai Darussalam yaitu hanya 0,08 persen.
Kecamatan Rambah Samo tetap menjadi penghasil padi paling produktif di Kabupaten Rokan Hulu. Dari semua total produksi padi di Kabupaten Rokan Hulu, 27,16 persen berasal dari Kecamatan Rambah Samo, selanjutnya 17,88 persen berasal dari Kecamatan Rambah dan 10,32 persen berasal dari Kecamatan Bangun Purba. Ketiga kecamatan ini memiliki produktivitas tinggi karena di kecamatan ini terdapat sistem irigasi yang baik dibandingkan dengan kecamatan lainnya. Seangkan, Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam memiliki produktivitas terendah.

2.3.4        Infrastruktur

Untuk Sarana kesehatan sendiri pada tahun 2015 di Kabupaten Rokan Hulu terdiri dari Rumah Sakit 6 buah, Puskesmas 21 buah, Puskesmas Pembantu 89 buah, Puskesmas Keliling 24 buah, dan Posyandu 566 buah
Sedangkan Untuk Sarana Pendidikan Sendiri Kabupaten Rokan Hulu tahun 2015 tercatat Sekolah Dasar/sederajat 355 buah, Sekolah Menengan Pertama/Sederajat 114 buah, Sekolah Menengah Atas/Sederajat 64 buah.

2.3.5        Pariwisata

Untuk dapat menuju ke Pasirpengaraian, Ibukota Kabupaten Rokan Hulu, dapat menggunakan jalur darat dengan jarak tempuh kurang lebih 4 jam.
 
 
Objek Wisata Di Kabupaten Rokan Hulu :
Rumah Batu Serombou, terletak di desa Serombou Indah sekitar 12 km dari jalan propinsi masuk melalui Jl. Simpang Karya Mulya, Langkitin terus melalui Jl. Poros Karya Mukti dengan kondisi jalan dapat dilalui kendaraan roda empat pada musim kemarau. Terdapat 3 batu berbentuk rumah secara radial menonjol keluar seperti payung, bagian bawah menjorok berlobang, hutan dan bebatuan yang berbentuk binatang serta benda-benda rumah yang terlihat tidak jelas dan nyata (Gejala alam yang beraturan). Dikisahkan sebuah dongeng tentang sumpah seorang yang sakti terhadap warga kampung yang durhaka tidak menjalankan syariat Islam hingga satu kampung disumpah menjadi batu. Dekat daerah ini terdapat sebuah kampung yang dahulu terisolir dari modernisasi tempat ini dikenal orang dengan desa Tanjung Botong, dan Sekarang Daerah ini sudah maju.
Makam Raja-Raja Rambah, terletak di desa Kumu sekitar 9 km dari pasirpengarayan dan masuk sekitar 100 meter dari jalan propinsi dengan kondisi jalan semenisasi. Daerah ini adalah bekas Kompleks kerajaan Rambah yang terakhir, terdapat beberapa makam Raja Rambah yang terkenal. Masuk ke tempat ini berkesan suasana angker dikarenakan makam-makam telah ditumbuhi kayu-kayu besar, ada salah satu makam raja Rambah yang dilindungi oleh urat-urat kayu ara sehingga makam tersebut seperti terletak di dalam pangkal kayu sehingga para peziarah melihat makam harus merunduk masuk kedalam jalinan urat kayu ara tersebut.
Benteng Tujuh Lapis, Setelah melihat makam kita bisa langsung melanjutkan dengan kendaraan ke daerah Dalu-dalu Kecamatan Tambusai sekitar 23 km dari makam raja-raja Rambah. Benteng tanah yang dibuat masyarakat dalu-dalu pada zaman penjajahan Belanda atas petuah Tuanku Tambusai di atas bumbun tanah ditanam bambu atau aur berduri. bekas benteng tersebut yang ditinggalkan Tuanku Tambusai pada tanggal 28 Desember 1839. Disekitar daerah dalu-dalu ini juga terdapat beberapa benteng-benteng yang disebut Kubu. 
Istana Rokan (Rumah Tinggi), terletak di desa Rokan IV Koto sekitar 46 km dari Pasir Pengarayan. Istana Rokan adalah peninggalan kesultanan “Nagari Tuo” berumur 200 tahun. Istana dan beberapa rumah penduduk sekitar ini memiliki koleksi ukiran dan bentuk bangunan lama khas melayu (Rumah tinggi).

Rumah Tinggi
Taman Nasional Bukit Suligi, memiliki jenis flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah, ada danau yang indah didalam taman ini yang dijadikan sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat yang berkunjung. Selain berekreasi tempat ini dijadikan tempat penelitian biologi yang membuat tempat ini menarik. Terdapat sumber air panas yang tidak terlalu besar serta goa-goa dan seramnya hutan yang lebat. Bagi para wisatawan yang ingin bermalam ditempat ini disediakan camping ground. 
Mesjid Tua Kunto Darussalam, terletak sekitar 62 km dari Pasirpengarayan yang didirikan pada tahun 1937 oleh R.T. Muhammad Alie dan terdapat 3 makam ahli Suluk (Khalifah) Tengku Imam Khalifah Muda dan Imam Nawawi. Mesjid Tua Kunto Darussalam ini sebagai pusat Tarkat Na’syahbandiyah, dalam perkembangan selanjutnya dibangun “bangunan suluk” pada tahun 1958.

Mesjid Tua Kunto Darussalam
Wisata Air Sungai Rokan Kiri, yang mengalir melintasi kota ujungbatu salah satu potensi untuk wisata air deras, atau wisata petualangan dengan menggunakan boat ke hulu sungai yang deras dengan tebing-tebing sungai yang cadas sekaligus dapat menyaksikan hutan sekunder disepanjang sungai, sambil melihat kehidupan tepi sungai sekitar 1 jam perjalanan kita akan jumpai air terjun hujan lobek di tebing sungai, dihulu sungai ada dua air terjun yang cukup tinggi yaitu air terjun sungai murai dan air terjun sungai tolang.
Sumber Air Panas Pawan, terletak di desa Pawan sekitar 9 km dari Pasirpengarayan. Mudah dijangkau dengan kendaraan bermotor serta roda dua, uniknya becak jerman pun dapat melayani trayek langsung ke lokasi. Tempat ini sangat diminati oleh wisatawan, dengan keunikan ada dua sumber air panas dari gejala post vulkanis yang masing-masing sumber berbeda panas airnya (Suhu sisi kiri 600oC dengan debit air 7200 ml/dtk, sisi kanan 480-580oC dengan debit air 1800 ml/dtk), yang disalurkan ke beberapa pancuran yang jatuh di tepi sungai kecil yang airnya dingin dan bersih lagi jernih dengan suhu 200-250oC. Tempat ini baik untuk rekreasi kesehatan, sambil bersenang-senang bersama keluarga, yang didukung oleh alam yang asri serta tempat parkir yang luas, tersedia pula Camping Ground